AMPUNILAH AKU

Tuhan, ampunilah dosa-dosaku:
dosa di masa mudaku, dosaku sekarang ini,
dosa yang kubebankan sendiri padaku,
karena aku telah mencari kesenangan
yang akhirnya menyakitkanku,
dosa yang kulemparkan di pundak sesamaku,
karena aku telah memberikan teladan
yang buruk bagi mereka,
dosa yang menjelma ke dunia sekelilingku,
dosa yang kututup-tutupi hingga tersembunyi,
hingga aku sendiri, suara hatiku bahkan
ingatanku tak mengenalinya lagi,
dosaku yang keras berteriak,
dosaku yang lirih berbisik,
dosa karena kebodohanku,
doa karena kesengajaanku,
dosa terhadap mereka yang harus kupatuhi,
dosa terhadap sesamaku,
dosa terhadap orang yang kucintai dan mencintai,
dosa terhadap orang yang baik hati kepadaku.
dosa terhadap diriku sendiri,
terhadap tubuhku, terhadap jiwaku.
dan dosa terhadap Engkau,
O Bapa yang Mahakuasa,
O Putera yang penuh belas kasih,
O Roh Allah yang penuh berkat anugerah.
Ampunilah aku, ya Tuhan, karena pengorbanan dan jasa. Dia yang Kauurapi, Penebusku
Yesus Kristus.
Amin.

( John Donne [ 1573-1631] dlm.: Jonathan Attken: Prayer 
for People under Pressure, London 2005, hlm.72)
Photo ilustrasi: Frans Edi
About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Contact Us