Tentang Novena Tiga Kali Salam Maria


Doa adalah “ayunan hati, suatu pandangan sederhana ke surga, satu seruan syukur dan cinta kasih di tengah percobaan dan di tengah kegembiraan.” Demikian Ajaran Gereja Katolik tentang doa, seperti dikutip dari Katekismus Gereja Katolik 2558-2559.

Kasih kita kepada Tuhan adalah satu sikap yang mendasari setiap doa-doa kita. Jika kita mengasihi Kristus, maka seharusnya ada dorongan kuat dari hati kita untuk mengasihi setiap anggota Tubuh Mistik Kristus; para orang kudus serta terutama Bunda Maria, yang telah menjadi Bunda Gereja, ibu kita semua.

Novena Tiga Kali Salam Maria memang salah satu doa yang panjang. Tapi tentu jika didoakan dengan penuh kasih, doa novena amatlah pendek. Doa novena ini juga diharapkan terus diulang-ulang agar kita semakin tekun dan setia hidup dalam doa. Doa novena ini juga disertai dengan ujud permohonan kita. Sebenarnya ungkapan permohonan itu menyadarkan kita akan segala keterbatasan, kelemahan, dan kekurangan kita, serta mau menyediakan diri hidup bersandar kepada kehendak Allah saja.


Dalam doaNovena Tiga Kali Salam Maria ini juga disebutkan nama beberapa santa dan santo, untuk mengingatkan kita akan jasa para kudus tersebut dalam mewartakan dan menyebarluaskan doa ini. Penyebutan nama para kudus ini juga mengingatkan kita bahwa para kudus ini adalah sahabat kita yang akan turut mendoakan kita. Bersama mereka kita menghormati Bunda Maria, yang akan membawa ujud permohonan kita ke hadirat Allah.
Photo Ilustrasi: Dok doakristiani.com
About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Contact Us