Novena Berarti Sembilan




Novena berasal dari bahasa Latin, novem, yang berarti angka ordinal sembilan. Kata novena adalah bentuk feminin, sedangkan bentuk maskulinnya adalah “novenus” atau kesembilan.

Mengapa sembilan? Dalam tradisi Romawi kuno, angka sembilan bermakna penderitaan dan kesedihan. Ada pula kebiasaan berdoa selama sembilan hari setelah kematian atau pemakaman seseorang. Orang Romawi juga merayakan parentalia novendialia, novena tahunan, dari tanggal 13 sampai 22 Februari, untuk mengenang semua anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

Dalam perkembangannya, novena perkabungan masuk dalam Gereja Katolik.  Perayaan Ekaristi dan doa novena dipersembahkan bagi kedamaian kekal jiwa orang yang meninggal dunia. Bahkan, ada yang disebut Novena Paus, yang digelar bila Paus wafat.

Novena pun berkembang, tak hanya diperuntukkan mendoakan mereka yang telah wafat. Ada yang disebut novena-persiapan, novena-doa, dan novena-indulgensi. Novena-persiapan, seperti Novena Pentakosta, sebagai masa persiapan para murid-Nya menerima Roh Kudus. Menjelang Natal, kita juga kerap berdoa novena untuk mempersiapkan hati menerima kedatangan bayi Yesus.

Novena-doa amat banyak, biasa dipanjatkan melalui perantaraan para kudus. Misal Novena St Fransiskus Assisi, Novena St Antonius Padua, Novena St Igantius, dan yang lain. Jenis novena-doa yang paling populer di kalangan umat adalah Novena Tiga Kali Salam Maria.

Novena-indulgensi yakni novena yang juga menghasilkan indulgensi atau penghapusan dosa bagi mereka yang mendoakannya. Contohnya adalah Novena Anugerah untuk menghormati St Fransiskus Xaverius. Ada pula novena-indulgensi menjelang Pesta Maria Immaculata yang sering didaraskan oleh para Fransiskan.


Photo ilustrasi: Frans Edi
About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Contact Us